Us, 2.5 years later

Memasuki tahun kedua menjalankan Kawung Living di tahun 2016 kemarin, kami memiliki banyak harapan dan rencana besar untuk bisnis kecil kami. Walaupun memang banyak yang kemudian (kembali) tidak terwujud, kami juga banyak dikejutkan oleh banyaknya kesempatan-kesempatan yang datang di tahun ini.

Kami menghabiskan awal tahun 2016 dengan memenuhi Custom Order untuk salah satu hotel berbintang di wilayah Ancol, bisa dibilang saat itu adalah pengalaman pertama kami mengikuti tender resmi. Banyak hal-hal tak terduga, banyak kesalahan dan miskomunikasi, tapi akhirnya kami berhasil menyelesaikan semuanya tanpa halangan yang berarti.

Custom Order memang selalu menjadi penyelamat nafas kami kalau sedang sepi order. Tahun ini juga, kami mengganti sistem pemesanan custom Order menjadi 1-2 bulan sekali dengan lama produksi sekitar 2-4 minggu.

Kamipun memperbaharui halaman Portfolio dan menambah halaman Price List kami agar lebih mudah dipahami untuk para pelanggan. Kami berharap dengan memberikan harga yang transparan, pelanggan juga bisa membandingkan pelayanan kami dengan brand sejenis.

Pada pertengahan tahun, kami fokus menghasilkan produk-produk baru untuk menambah variasi produk kami. Terciptalah beberapa produk untuk bayi dan anak-anak seperti Plushie, Baby Bibs, dan Baby Blanket. Kami juga membuat beberapa produk aksesoris untuk dipakai sehari-hari seperti Scarf dan Pouch.

Di tahun ini kami tidak banyak mengikuti offline event seperti pop-up store atau bazaar, satu-satunya event yang kami ikuti adalah Market Museum di bulan Agustus lalu. Walaupun di hari kedua event ada kejadian yang tidak terduga, yaitu banjir di daerah Kemang, kami senang bisa bertemu banyak pelanggan baru yang menyapa kami.

Salah satu milestone lainnya yang kami syukuri tahun lalu adalah Kawung Living memiliki dua partner baru, Dekoruma dan LINE.

Kami tertarik berpartner dengan Dekoruma karena konsep e-commerce-nya yang ingin menjadi alternatif majalah online. Setiap bulannya Dekoruma menghadirkan inspirasi ruang dan editorial yang bisa diterapkan di rumah dengan barang-barang merchant-nya. Produk-produk Kawung Living sendiri pernah beberapa kali diikutkan ke dalam editorialnya.

Sedangkan LINE Shopping sendiri adalah fitur terbaru dari aplikasi layanan chatting LINE yang mempunyai lebih dari 5.6 juta pelanggan di Indonesia. Masyarakat Indonesia tidak bisa dipisahkan dari yang namanya ngobrol, yang kemudian berpengaruh ke shopping habitnya sendiri. Berangkat dari hal tersebut kami memutuskan untuk bergabung menjadi salah satu merchant di awal peluncuran LINE Shopping. Kesempatan ini juga mengantarkan kami berkunjung ke kantor LINE Indonesia yang super cute di bulan Oktober lalu :3

***

Kami merasakan banyak perbaikan dalam mengurus diri dan bisnis. Kami merasa lebih efektif, walaupun kadang belum terlalu konsisten untuk lebih produktif dan bersemangat. Kadang masih ada perasaan iri ke brand-brand tetangga, tapi kami yakin walaupun pelan, kami selalu punya progress yang berarti setiap tahunnya. Dan yang terpenting, kami masih senang menjalankan bisnis ini lewat hati.

Di tahun 2017 ini, kami sudah berhasil membubuhkan check list pertama yaitu mengupdate website Kawung Living! Mudah-mudahan dengan tampilan barunya, website kami lebih mudah diakses secara mobile dan memberikan nuansa baru kepada para pelanggan dalam berbelanja.

Kami punya lebih banyak lagi rencana untuk tahun 2017 ini dan kami berharap kamu masih terus dapat mendukung kami untuk mengembangkan brand kecil ini.

Terima kasih banyak sudah setia mengikuti perjalanan kami :)

Much love,

Liza & Cupris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *